Tentang Kami

Indie Book Corner

Dunia semakin cepat berkembang, jika kita lambat menyikapi fenomena perkembangan tersebut, maka bersiap-siaplah tergilas dan hanya menjadi penonton. Di dunia film dan musik misalnya, hampir setiap hari kita menyaksikan kemunculan album musik dan film baru. Makin banyak bermunculan orang-orang yang bergelut di dunia itu: aktor, sutradara, penyanyi, band dan beberapa pelaku lainnya. Tentu saja dengan produk mereka masing-masing baik berupa film atau album musik.

Telah banyak orang yang menempuh jalur indie. Musik indie berkembang karena semakin banyaknya studio musik yang dapat membantu merekam lagu, mixing dan proses lainnya sehingga menjadi sebuah lagu atau album yang utuh. Juga semakin gampangnya penggandaan keping cd audio tersebut. Selain itu penjualnya pun makin mudah dengan adanya bentuk penjualan online, RBT, Ring Tone dan lain sebagainya.

Film indie semakin marak dan banyak diproduksi karena makin banyaknya tersedia kamera dengan harga murah dan peralatan lain yang bisa mendukung pembuatan film. Tentu saja selain proyek idealis, misalnya karena tema yang diangkat atau aliran dan lain sebagainya. Tapi toh kita tak bisa mengabaikan bahwa semakin kompleksnya faktor pendukung ikut mendorong hal tesebut untuk semakin berkembang.

Bagaimana dengan dunia buku? Sebenarnya dunia buku indie sudah sangat lama berkembang dan dipakai banyak orang. Hanya saja, di Indonesia hal ini belum sepopular seperti film atau musik . Di banyak negara, praktik self-publishing atau penerbitan buku secara indie berkembang cukup pesat. Milis self-publishing semakin dipenuhi oleh angota baru setiap harinya. Makin banyak penulis baru muncul dan makin beragam pula jenis buku yang meluncur ke pasar.

Di dalam negeri beberapa penulis menerbitkan bukunya secara mandiri. Banyak alasan mengapa mereka memilih menjauh dari penerbit konvensional dan memilih menerbitkan buku sendiri. Ada yang beralasan bahwa penerbit konvensional cerewet dan mau menang sendiri dengan menekan royalty penulis pemula hingga 8%. Ada juga penulis yang memiliki keyakinan berbeda dengan penerbit. Penerbit tidak percaya bahwa buku sang penulis marketable, sementara sang penulis sangat yakin bukunya bakal best seller. Karena itu ada penulis yang bertekad menerbitkan sendiri bukunya baik karena sudah tidak sepaham dengan penerbit konvensional, atau ada pula yang mengambil tekad tersebut karena memang mau demikian bukunya diterbitkan.

Bagaimana hasil akhirnya? Hasil harus dilihat berdasarkan tujuan. Ada yang bertujuan agar bukunya sekadar terpajang di toko buku, ada yang sadar bahwa pasarnya sempit sehingga penerbit pasti tidak mau menerbitkan, ada yang punya tujuan ekonomi, ada yang ingin menjadikannya kado persembahan dan ada banyak tujuan lain. Dalam praktik semua tujuan itu selalu ada, dan banyak pula yang berhasil. Sekadar contoh, tentu Anda pernah dengar bahwa buku ESQ terjual lebih dari 250.000 eksemplar, kita juga ingat cetakan awal Supernova-nya Dewi Lestari dicetak berulang-ulang, mereka adalah sebagian contoh penulis yang menerbitkan buku melalui jalur indie label.

Lalu, kenapa Anda belum memulai? Belum tahu atau belum berani? Untuk membantu Andalah Indie Book Corner ada. Jangan ragu untuk segera mengontak kami. Kami akan membantu siapapun yang ingin menulis dan menerbitkan bukunya. Segera selesaikan buku Anda, hubungi kami, kita diskusikan buku Anda dan segera kita eksekusi supaya cepat tersaji di hadapan pembaca. Apakah melihat orang-orang terdekat, sahabat, orang tua dan kerabat lainnya membaca buku Anda bukan merupakan sebuah kebangaan?

Salam hangat, semoga sehat dan semangat selalu.

80 Balasan ke Tentang Kami

  1. nurrahman18 berkata:

    ganbate makenaide..semoga bisa belajar dari anda

  2. zulkifli mohamed berkata:

    “Boleh ikut serta ?”.

  3. Irwan Bajang berkata:

    Boleh sekali Bung Zulkifli..
    Kami tunggu dengan sepenuh hati karya Anda.😀

  4. zulkifli mohamed berkata:

    “Lantas cara menghantarkan karya saya, bagaimana ?”,

    “Email sahaja atau bagaimana – jika ya apakah alamat yang sebetulnya ?”,

    “Kalian menjangkakan bila terbitan / cetakan tersebut akan bermula ?”,

    “Jika saya menghantarkan karya dalam bentuk puisi – kalian mahukan tema bagaimana dan berapa jumlah karya puisi tersebut yang selayaknya untuk saya turut serta ?”

    “Terima kasih atas respons”.

  5. Irwan Bajang berkata:

    Kirimkan saja via email ke irwan_bajang@yahoo.com
    attach file dalam bentuk ms. word. Puisi ataupun naskah lain akan kami terima dengan sangat senang hati. Setelah naskah dikirimkan, kami akan langsung memproses bersama team Indie Book Corner.
    Silakan tentukan sendiri berapa jumalah puisi yang diinginkan (jumlah akan berpengaruh ke ketebalan karya)
    boleh 50, 100, 150 (kami memebebaskan penulis menentukan sendiri nasib karyanya sesuai dengan rancangan yang ia inginkan). Sebagai pembanding, buku Irwan Bajang SKETSA SENJA berisi 45 puisi dengan ketebalan 60 halaman. Itu adalah jumlah halaman yang tipis. Saya menyarankan mengirimkan puisi 100 atau lebih, biar lebih tebal dan lebih enak dipegang.

    Selamat berkarya, kami tunggu karya Anda Bung Zulkifli. Terimakasih atas kunjungan dan partisipasinya.😀
    Salam semangat selalu dari team Indie Book Corner.

  6. yans"dalamjeda" berkata:

    mantab!! kapan2 bolehlah kalau saya coba juga.

  7. Sangat boleh, dan kami sangat menunggu Bro..
    Salam, selamat berkarya!😀

  8. TAufiq berkata:

    .
    siip…
    ketebalan naskahnya gimana?
    terserah apa ada batasnya?

  9. irwan bajang berkata:

    gak ada batasan Bung, free, semua terserah penulis, ini adalah trobosan sistem penerbitan paling gaul dan funky..hehehe

  10. TAufiq berkata:

    wah..keren
    oke..oke…

    Insya’ Allah akhir januari 2010
    saya kirim naskahnya.
    kirimnya hard copy atau softcopy and ngirime di mana?

  11. yayaz berkata:

    @Taufiq…soft copy aja..bisa kirim di email:irwan_bajang@yahoo.com
    dtgGu yah!^

  12. rey_khazama berkata:

    Wan. Gimana?

  13. Rico berkata:

    Yas,
    ini my prend mau nunut publish btw harus gimana ajah yah?
    tulisannya sih udah banyak, temanya juga beragam.

  14. Wau!!! Luar biasa… saya jadi ingin menulis, menulis dan menulis lagi tapi…. trus terang saya meragukan kemampuan saya…. hehe Salam Sukses ya…

  15. Yayaz berkata:

    RICO:wew..sip tuh!baca aja co di KIRIM NASKAH…di situ ada prosedurnya co!!nanti kLo t’tarik caLLmi aja!di fesbuk jg udah tak bls co!^^
    sip2!

  16. Yayaz berkata:

    SATRIAWAN:hwehehehe…setiap orang pasti punya kelebihan masing2…ayo…hrs p’caya diri donk!hehehe…sip2..saLam sukses juga!

  17. fien berkata:

    kalo antologi cerpen kira2 hrs berapa cerpen ya unt bs jd 1 buku ? idealnya gitu mas…aku tertarik bgt ni mas..dah bnyk naskah tp smuanya teronggok begitu aja…salam

  18. IBC berkata:

    Fien:biasanya ada 10 cerpen. sip2…kami tunggu naskahmu!^^

  19. Satriawan berkata:

    Ass. bang iwan,
    kalau sy nyasar ke Yogya, boleh mampir gak??

  20. memeul berkata:

    askum…
    sebenarnya q mw banget buat nggirim cerita q, tpi krena kta tmn” klo kya gthu bakalan repot ndiri q jdi agak susah nyelesein cerita q.
    doain q yua biar cerita q selesai n bisa q kirim kesini…
    oia, lamken ea…
    ^.^

  21. asep berkata:

    mas saya mau tanya, apakah penulis dibebankan biaya penerbitan? kalau boleh tau, brapa kisaran biayanya jika buku tersebut 150 halaman.
    terimakasih mas bajang.

  22. IBC berkata:

    untuk jasa edit, lay out dan cover dikenakan biaya Rp.450.000,-
    150 halaman sekitar 17rb per bukunya.
    hehe…oke.sama2,ditunggu naskahnya…

  23. naira berkata:

    aslm..
    maf mau nanya kalau masalah biaya bagaimana?
    dikirimnya melalui email?
    terimakasih..🙂
    kalau jadi diterbitin “ngayal dulu” dapet royalti’a brp?
    heheheee
    belum apa2 dah nanyain upah
    xixixi

  24. IBC berkata:

    was…
    hehe…salam knal Naira..
    kalo masalah biaya t’gantung jumlah halaman dan jumlah eksemplar…nanti br bs tau biayanya…
    bisa dikirim via email mbak..bisa dicek di “kirim naskah”. Jadi gini: IBC tidak memakai sitem Royalti, tapi ringkasnya, kami adalah jasa penerbitan yang melayani semua proses penerbitan naskah menjadi buku, mulai dari cover, layout, editing dsbnya. nah kami akan membantu mencetak buku tersebut yang kemudian akan anda beli dan distribusikan sendiri.
    (royalti=keuntungan=selisih biaya produksi dan nilai jual).simple kan?=D
    kirim aja naskahnya mb,biar nanti kami kerjakan naskahnya dan bisa tau brpa biaya totalnya…

  25. Jhellie berkata:

    Aku punya naskah kumpulan artikel, tulisanku rentang tahun 2003-2010, semua tulisan pernah di muat di koran-koran lokal, majalah kampus dan Prokon Jawa Post (almarhum). Aku udah bikin dumming sendiri berharap ada duit untuk menerbitkannya tapi belum kesampaian hingga sekarang. Mungkin kawan-kawan bisa bantu saya.

  26. shanti berkata:

    Saya punya novel yg saya yakini sangat marketable, hingga saya ingin sekali bila buku saya dicetak nanti bisa di pajang di toko buku dan menjangkau semua pembaca.
    Apakah di Indie Corner mempunyai prosedure pemasaran yang bagus???

  27. himuter berkata:

    Salam kenal,
    Ada loker gak di IBC? saya bisa nyapu dan ngepel, bisa juga bantu angkat2 buku dan mengatur di rak serta lemari, yg penting cukup untuk sewa kosku sebulan yg 400 ribu dan makanku 3 kali sehari. sekalian saya ingin belajar jadi penulis dan penerbit.

    Trima kasih.

  28. Nisa Safitri berkata:

    Jadi sekalian di edit juga ya? Aku kepingin nerbitin teenlit. Bisakah? Covernya juga pingin pake animasi mirip teenlit gramed. Bisakan juga? *saya cerewet sekali.

  29. Hari Setiawan berkata:

    Bang Irwan, biaya cetak buku di IBC berapa? Kasih ilustrasinya dong agar saya bisa menemukan gambaran lebih konkret. Misalnya, dengan cover demikian, tebal sekian, kertas begini, sekian eks, biaya segini. Makasih ya…

  30. ira berkata:

    saya tertarik banget buat nerbitin indie, dr kemarin cari2 jasa penerbitan, dan saya terarik buat kerja sama brg indie book corner. ini juga baru liat2 tarifnya, sumpah tertarik banget (duh, maap jd cerewet -_-)

    oh iya, saya pengennya buku saya nyebar gitu di toko2 buku, untuk masuk ke toko buku, minimal 500 eks ya? berapa % pembagian hasil jual buku antara penulis dan distributor? apa ada biaya distribusi tambahan?
    terus bisakah nanti di covernya ditulis pakai nama penerbit sendiri? makasih sebelumnya (maaf klo byk tanya, hehe)

    • Irwan Bajang berkata:

      Halo Ira…
      Wah, akhirnya bertemu jodoh dong dengan Indie Book? hehehe
      di FAQ kami sudah dibahas semua hal tersebut, coba cek deh di situ. Kalaumau tanya2 juga bisa via sms atau tlpn ke nomer kami..
      Naskahnya selalu ditunggu di indiebook@yahoo.com
      Kalau mau pakai logo penerbit pribadi, tentu saja boleh :))
      Nanti bisa didiskusikan bersama.

  31. Olav Iban berkata:

    salam mas irwan yang baik hati,
    seorang teman saya sore tadi berbincang tentang keinginan menerbitkan skripsinya (setelah dirubah beredaksi buku tentunya), lalu sekejap saya teringat nama anda dan muncullah indie book corner untuk saya tawarkan. di sini saya hanya ingin memastikan pernyataan njenengan untuk buku basis ilmiah tsb: ‘kami memebebaskan penulis menentukan sendiri nasib karyanya sesuai dengan rancangan yang ia inginkan’ ?

    ditunggu kabar beritanya🙂

  32. Daeng Oprek berkata:

    Salam kenal, ini sungguh menarik, dari Makassar saya sangat mendukung penerbitan dengan sistem Indie ini, aku ingin ikutan, semoga terealisasi. mohon petunjuknya. SADAMDA BASEMEN, Salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin.🙂

  33. jadi pengen buka PENErbit sendiri.. makasih IBC moga bisa kerjasama

  34. Ventus Hikari berkata:

    permisi…
    numpang tanya, jika menerbitkan novel di sini, apakah harus membayar biaya pencetakan buku seperti keterangan di atas dan harus menjualnya sendiri? bisakah memakai sistem royalty, seperti penjualan online dan penjualan melalui toko buku?
    lalu, apakah penulis menentukan kover sendiri?
    mohon di balas di email saya…
    thanks🙂

    • IBC berkata:

      halo, salam kenal. kami jg bs memakai sistem royalti, asalkan naskah sesuai dengan pangsa pasar skr. dkrim sj ke email kami di indiebook@yahoo.com, nanti kami baca dl naskahnya.kosep cvr bs dr penulisnya sendiri. tp kami jg bs bantu membuatkan cover.trims.

  35. Alya Safira berkata:

    bagaimana kalo cerpen ? dan cerpennya itu kira2 berapa halaman yg paling bagus ? dan boleh gk kalo cerpen itu di tulis oleh ank2 di bawah umur 15 thn ? sekian terima kasih …

    • IBC berkata:

      cerpen boleh juga.sekarang kmpulan cerpen malah lagi dicari-cari kok,hehe…minimal 80 halaman mb, supaya buku nantinya bisa dibinding (dijilid seperti buku pada umumnya). wuah, kami menerima naskah dari semua kalangan dan semua umur kok, hehe… sip, kirim saja naskahnya ke indiebook@yahoo.com, ditunggu naskah kerennya ya..

  36. fathirmuqodas berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    Ini kang Dani Ardiansyah apa bukan ya. kalau kalau kang Dani tst aja nskah sequel 2 udah dikirim

    Wassalamu’alaikum er wb

  37. Assalamualaikum wr wb
    Ini kang Dani Ardiansyah apa bukan ya. kalau kalau kang Dani tst aja nskah sequel 2 udah dikirim

    Wassalamu’alaikum wr wb

  38. dini berkata:

    mas saya punya naskah siap print/cetak, jumlah 123 halaman plus sekitar 7 halaman awal dan lampiran, ukuran 14 x 21 cm. kira-2 berapa biaya cetaknya @buku berapa untuk 40 eksemplar?

    • IBC berkata:

      Halo, salam kenal…berikut penawaran harga untuk 130 halaman:
      POD (1-99 eks):@Rp. 26.000,-
      100 eks:@Rp. 19.000,-
      300 eks:@Rp. 11.000,-
      500 eks:@Rp. 8.600,-
      1000 eks:@Rp. 7.000,-
      Trims, ditunggu kabar baiknya🙂

  39. sheila Karlina berkata:

    saya mau tanya, kalo saya mau nerbitin novel saya itu, berapa lama ya prsoes cetak sampai ke tangan saya? Novel saya 90 halaman..balas email saja ya
    lalu apakah nanti novel saya itu dijual di toko buku atau via online? lalu bagaimana dengan biayanya?Trims…

  40. Apakah buku yang dicetak sekaligus sudah ber-ISBN ?

  41. Permata berkata:

    misi mas, saya punya naskah novel dan cover siap print/cetak total 440 halaman berapa kira kira total biaya cetaknya ya? untuk 40eks pertama. trims😀

    • Irwan Bajang berkata:

      halo, salam kenal…
      berikut penawaran untuk naskah 440 halaman (naskah dengan ukuran layout A5):
      POD(1-99 eks)=@Rp. 58.750,-
      100 eks=@Rp. 38.000,-
      300 eks=@Rp. 21.500,-
      500 eks=@Rp.19.000,-
      1000 eks=@Rp. 16.000,-
      trims, kami tunggu naskah kerenmu ya🙂

  42. ivan susanto berkata:

    Mas saya punya buku bisnis soal bagaimana memulai usaha Daycare atau Tempat Penitipan Anak. Soalnya saya punya usaha seperti itu dan ingin berbagi pengalaman. Format A5, total 80 halaman. Bisa bantu cetak dan pasarin? Berapa biaya cetak?
    (saya pernah tulis beberapa buku soal forex , salah satunya FOREX TRADING, penerbit ANDI)

    • Irwan Bajang berkata:

      Halo Mas Ivan,
      Wah, menarik ya Mas naskahnya
      Ini saya beri penawaran harga untuk 80 halaman ya Mas:
      POD (1-99 eks): @Rp. 20.500,-
      100 eks:@Rp.15.000,-
      300 eks: @Rp.9.500,-
      500 eks:@Rp.7.800,-
      1000 eks:@Rp.5.700,-
      Kalau mau dijual ke toko buku bisa kami bantu juga Mas. Minimal cetak 500 eks supaya bisa merata dijual ke toko buku, trims

      ditunggu kabar selanjutnya ya
      salam

  43. ivan susanto berkata:

    Oke mas, saya kirim naskahnya dulu aja, tolong di bantu kasih suggestion apakah pantas di jual atau tidak, dan mungkin minta bantuan tentuin harganya mas. Mungkin japri aja ya. Email saya : sivan_id@yahoo.com

  44. samalona berkata:

    Sudah lama tidak mampir di sini. Begitu cepat waktu berlalu.

  45. Eko Nugroho berkata:

    Salam kenal IBC, kemarin sy kirim naskah novel via email, mohon konfirmasinya y, terima kasih🙂

  46. Sigit berkata:

    Salam kenal. Mau tanya. Apakah ada batas minimum dan maksimum halaman untuk naskah?

  47. omni berkata:

    aku mo pasarin produk IBC, gmana ya caranya ?tx

  48. Emeres berkata:

    apakah perlu saya buku saya dilindungi hak cippa ? kalau ya bagai mana cara mendapatkannya
    tks

  49. Emeres berkata:

    sory salah !
    Apakah perlu buku saya dilindungi hak cipta ? kalau ya bagai mana cara mendapatkannya ?
    tks

  50. Rai S. Artini berkata:

    slm IBC, Mas Irwan, sy udh konfirmasi tentang naskah sy. apakah sdh sampai? krn sebelumnya, sy dpt email dr mailer daemon bhw email tdk sampai. tlg dikabari. tks y…

  51. arumws berkata:

    wahh keren ini,saya jadi ingin cpt2 menyelesaikan novel saya🙂

  52. himangel_deluhis berkata:

    kalau ada waktu, tolong lihat blogku, aku suka bikin puisi, prosa, layak ga ya buat diterbitkan? prosedurnya apa bisa dijelaskan secara lengkap?

  53. adriandavidarif berkata:

    kalau naskahnya dalam bahasa Inggris, kira2 laku nggak mas? Ada sih penerbit ngga terkenal dari UK (Inggris) yg nawari terbit, but saya belum terlalu percaya sama mereka. Bentuknya Chronicle 3 buku (jilid) dengan 1 Spin Off. Aslinya dalam bentuk Playwright (naskah drama) dan sudah pernah dipentaskan di (nggak usah disebut dulu deh). Targetnya Teens sampai dewasa muda. Tebal buku utama; Jilid II (yg ditawar dari penerbit Trafford itu) 220 halaman A4, nggak tau kalo jadi ukuran buku sebesar apa. Ada peta nya ada rune-nya, ada permainan pelengkapnya juga; kayak D&D tapi dengan dadu biasa. Ada temen yng udah bikinkan karakternya juga sehingga ada cutout-nya di buku tu.
    What do you think?

  54. wahyu berkata:

    mas irwan bisa bantu terbitkan tulisan tulisan saya.ada beberapa buku yang saya tulis.saya buat dalam bentuk A5.

  55. ar syamsuddin berkata:

    Hanya ingin meninggalkan jejak dan salam persahabatan di blognya mas.
    Salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s