Sayembara Buku Indie 140 Juta

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang kedua, sekaligus memberikan support yang besar terhadap berjalannya kegiatan tulis-menulis, terutama dalam hal publikasi tulisan ke dalam bentuk buku secara mandiri, Indie Book Corner (IBC) akan menyelenggarakan Sayembara Buku Indie dengan total hadiah berupa paket penerbitan senilai 140 juta rupiah. Sayembara ini digelar selama satu bulan, dimulai dari tanggal 9 September sampai 9 Oktober 2011.

Dalam sayembara kali ini, IBC akan memfokuskan kegiatan peserta pada proses pembuatan buku secara mandiri oleh penulisnya. Berbeda dari lomba-lomba menulis kebanyakan, yang hanya meminta peserta mengirimkan manuskrip naskah mentah yang hanya dijilid seadanya, pada lomba ini IBC menyaratkan pengiriman naskah berupa buku. Sayembara ini adalah sayembara buku indie, jadi penulis akan memproduksi sendiri tulisannya menjadi buku, baru kemudian diikutkan sayembara untuk dinilai buku siapa yang terbaik.

 

Adapun penilaian buku indie tersebut adalah tiga kategori. Kriteria pertama adalah ‘kualitas naskah’, kriteria ini mencakup isi naskah secara umum. Mulai dari tema yang menginspirasi banyak orang serta gaya tutur yang menarik. Fokuskan penilaian ada pada tema dan gagasan yang ditulis dalam buku indie tersebut oleh pengarangnya. Kriteria ini bernilai 40 poin.

Kedua, ‘kemasan buku’, penilaian pada kriteria ini adalah bagaimana sebuah buku dipublikasikan secara mandiri oleh penulisnya. Naskah yang diterima terima adalah naskah berupa buku dengan sistem pembuatan buku yang ditangani langsung oleh penulisnya. Penilaian difokuskan pada tampilan buku, bagaimana layout buku indie disuguhkan ke pembaca, cover yang menarik dan selaras dengan isi. Dalam hal ini penulis diperbolehkan bekerjasama dengan desainer, pelukis, tukang gambar, layouter atau siapa saja yang bisa membantu penulis menyuguhkan buku dengan ‘perwajahan’ yang menarik. Langkah ini juga diharapkan bisa memberi gambaran nyata bagi penulis, bahwa menerbitkan buku itu mudah serta mengajaknya menggandeng tenaga lain untuk mengikis sifat individualisme penulis. Kriteria ini bernilai 30 poin.

Kriteria ketiga, adalah ‘kerapian isi’, penilaian pada kriteria ini terletak pada sentuhan isi sebuah naskah. Penulis yang baik setidaknya mengetahui aturan dasar EYD (Ejaan yang Disempurnakan), aturan-aturan standar menulis, bagaimana membuat kalimat efektif, bagaimana menaruh tanda baca, koherensi antarbab, antarparagraf dan antarkalimat. Penulis bisa bekerjasama dengan teman, saudara atau siapa saja yang bisa memoles naskahnya menjadi lebih rapi, teratur dan nyaman dibaca. Penulis bisa bekerjasama dengan editor atau penyunting bahasa. Dari kriteria ini, diharapkan nanti penulis bisa lebih paham mengenai proses sebuah buku dilahirkan. Bukan sekadar selesai diketik lalu langsung dipublikasikan, tapi juga melalui pembaca pertama, menerima masukan dari orang lain, belajar bekerjasama dengan editor dan lain sebagainya. Poin kriteria ini adalah 30.

Untuk Sayembara ini IBC akan menyediakan total dana 140 juta rupiah, yakni berupa paket penerbitan yang akan dihadiahkan pada penulis. Bagi 5 (lima) pengirim karya terbaik akan mendapatkan kontrak terbit lebih dari 5000 eksemplar dengan pendanaa satu naskah sampai 25 juta rupiah.

Pihak penyelanggara sayembara buku indie ini bermaksud membantu menekan halangan-halangan dalam mempublikasikan karya ke dalam bentuk buku.

Indie Book Corner sudah mengawal banyak penulis dalam mempublikasikan karyanya berupa buku. Dari panjangnya pengalaman tersebut, nyaris tidak ada halangan yang berarti bagi penulis. Mereka cukup mengantarkan naskahnya pada tim IBC, lalu proses penyuntingan dilakukan, ketika layout dan desain selesai kemudian naskah segera dipublikasikan (dicetak) menjadi buku. Salah satu permasalahan klasik, tentu saja adalah dana. Ada banyak penulis yang punya naskah bagus, bahkan bisa sendiri menyelesaikan layout dan cover bukunya, hanya saja terhenti dari segi pendanaan bukunya.

Sebenarnya mencetak 10 atau 20 eksemplar naskah tidaklah berat bagi sebagian orang. Namun oplah yang sedikit ini tentu saja berpengaruh pada penyebaran buku tersebut. Buku dengan oplah sedikit hanya tersebar di wilayah yang sempit pula.

Untuk itulah, Indie Book Corner sebagai sebuah gerakan sadar yang dibangun untuk memfasilitasi penerbitan karya penulis mencari solusi. Dengan menyediakan 140 juta untuk 5 orang pemenang terpilih, dengan seleksi yang fokus pada usaha independent sang penulis, maka IBC berharap, kendala-kendala finansial penulis akan bisa teratasi. Untuk itulah, Sayembara Buku Indie berhadiah paket penerbitan 140 juta rupiah ini akan menjadi kabar yang segar dan memacu banyak penulis untuk menulis dan menerbitkan karyanya.

Bagi para penulis yang tertarik untuk ikut dalam sayembara ini bisa mengirimkan dua eksemplar buku indie mereka ke alamat: Panitia Sayembara Buku Indie 2011, Indie Book Corner, Gambiran Baru UH 5 Gang Ksatria 2 no. 36. RT 45 RW 8 Umbulharjo Jogjakarta.

Untuk info lain yang belum jelas, bisa dilihat dan ditanyakan langsung di website Indie Book Corner di http://bukuindie.com/

Tentang Irwan Bajang

Penulis dan Editor. Juru masak pedans ultraortodoks
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Sayembara Buku Indie 140 Juta

  1. Hemi Ka Imshami berkata:

    ukuran bukunya berapa? saya boleh ikutan ga?heheh

  2. Hemi Ka Imshami berkata:

    Oh, Iya,.. Minimal Berapa Halaman Ya??/
    Maaf Klo Cerewet..:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s