Klorofil Kertas

Berada di tengah masyarakat marjinal sebagai seorang pendamping kelompok tani, membawa tokoh utama cerita ini ke dalam pengalaman-pengalaman luar biasa. Ia bertemu petani-petani polos yang tidak mengerti Bahasa Indonesia, menemukan daerah yang belum dialiri listrik sehingga pengolahan hasil panen terhambat, juga penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh sebagian orang sehingga merugikan orang lain. Miris, ia berusaha dengan tulus membebaskan petani-petani miskin ini dari kesulitan hidup.

Ia dengan rela terjun langsung dalam sebuah pemilihan ketua RT, mulai dari memikirkan nama-nama yang layak untuk dicalonkan. Ia menjadi tempat para petani mengadu ketika mereka diperdaya oleh orang-orang pandai yang berpura-pura menawarkan keuntungan besar. Dan lambat laun, dengan kerendahan hati dan ketulusannya, ia semakin menyatu dengan masyarakat yang dicintainya itu. Bersama para petani yang terpinggirkan, ia berjuang melawan ketidakadilan dan perilaku pemimpin yang semena-mena.

Buku indie ini menggambarkan kehidupan masyarakat pinggiran dan kesulitan-kesulitan hidup yang mereka jalani. Fakta-fakta tentang ketidakadilan, pemimpin yang apatis terhadap penderitaan rakyatnya dan hanya memikirkan diri pribadi mereka, digambarkan dengan baik di sini. Walaupun begitu, semangat juang dan usaha keras dalam melawan hidup ada di awal hingga akhir cerita.

Pengalaman sang tokoh utama yang dialami langsung oleh penulis, membuat penulis mampu mengemas dengan manis kenyataan yang ditemuinya di lapangan dalam sebuah narasi. Klorofil Kertas mengingatkan kita bahwa petani adalah ‘pahlawan’ kehidupan kita yang selama ini diabaikan dan seharusnya dihargai dengan lebih baik.

Buku indie Klorofil Kertas ini dijual terbatas. Untuk membeli bisa menghubungi langsung melalui indiebook@yahoo.com

Judul : Klorofil Kertas
Penulis : Fajar Djafri
Penerbit : http://www.indiebook.co.cc
Penyunting : Anita Sari
Proof Reader : Anindra Saraswati
Desain Sampul : Octora Guna Nugraha
Tata Letak : IBC Team Work
Jumlah hal : 116 hal

Tentang Irwan Bajang

Penulis dan Editor. Juru masak pedans ultraortodoks
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s