Buku Sketsa Senja Cetak Ulang Lagi

Cover Sketsa Senja2Setelah pernah dicetak beberapa kali, akhirnya Sketsa Senja: sebuah kumpulan puisi Irwan Bajang dicetak lagi. Setidaknya buku ini adalah buku pertama saya yang sungguh pernah membuat saya bangga (bahkan sampai sekarang). Buku ini, dulu diterbitkan pada saat saya sama sekali buta dan tak mengenal dunia penerbitan buku. Waktu itu saya hanya tahu menulis, menulis dan menulis. Saya tidak pernah tahu di mana saja penerbitan di Jogja atau di Indonesia, apa itu editing, bagaimana itu layout. Saya belum bisa pothoshop untuk bikin cover, belum bisa page maker, belum bisa corel draw. Saya menulis dengan buta dan sama sekali tak paham bagaimana mempublikasikannya. Saya menulis, membaca buku, berdiskusi, mengirimkan ke koran, itu saja. Saya buta tentang bagaimana buku ini diterbitkan.

Saya hanya publikasi di blog (meskipun waktu itu, saya juga awam dengan blog). Beberapa tulisan memang pernah diterbitkan di koran, majalah kampus, dibaca di forum-forum teater, dimusikalisasikan, dipentaskan menjadi puisi gerak dan ditempel di majalah dinding dan lain sebaginya. Saat itu saya sedang sangat produktif menulis puisi, saya bergabung dengan kelompok teater di Jogja, menghadiri hampir setiap acara pementasan, baca puisi, dan tekun menulis skenario dan cerpen. Di saat kebutaan saya tentang industri perbukuan itulah, entah kenapa tiba-tiba saya ingin punya kumpulan puisi. Saya ingin punya sebuah buku yang menghimpun karya saya yang tercecer di rak kertas, di hard disk kawan-kawan sekontrakan, di catatan-catatan buku saya saat saya malas kuliah. Saya hanya punya satu tekad: saya harus punya buku kumpulan puisi.

Akhirnya, saat ini, Sketsa Senja adalah buku saya yang paling membanggakan. Karena saat-saat ketika buku ini terbit, keinginan saya memiliki buku sungguh menggebu-gebu demikian juga dengan produktifitas saya. Saya sedang gila menulis waktu itu. Saya kumpulkan puisi-puisi saya yang berserakan dari tahun 2005-2007 akhir.

Indie Book Corner mencetak ulang buku ini. Dengan sentuhan baru pada cover, sentuhan editing, proofing dan lay out oleh IBC Team Work. Buku ini bermetamorfosis. Tata bahasa yang dulu kacau dan berantakan, kini telah lebih rapi, pilihan font sudah sesuai, dan lay out yang makin cantik. Beberapa puisi hingga paruh pertiga tahun 2008 juga saya masukkan. Saya tak henti-hentinya tersenyum. Saya puas, sungguh-sungguh puas! Saya senang dan saya bahagia melihat buku ini menjadi jauh lebih bagus dari sebelumnya. Bukan lagi fotokopian, jilid biasa, hitam putih dan lain sebagainya. Buku ini setidaknya sudah layak dikoleksi sekarang, ia telah melewati semua tahap penerbitan. Kini buku ini ingin kembali saya sodorkan pada pembaca, semoga berkenan untuk apresiasi.

Tentang Irwan Bajang

Penulis dan Editor. Juru masak pedans ultraortodoks
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

7 Balasan ke Buku Sketsa Senja Cetak Ulang Lagi

  1. yayaz berkata:

    sebuaH bUku yg mencerminkan sebuah pRoses kehidupan…fantastis!!=D

  2. yans'dalamjeda' berkata:

    Selamat…selamat! Memotivasi tulisan saya yang ecek-ecek untuk dicetak juga. Kasih saran bung!

  3. Irwan Bajang berkata:

    dulisanmu bagus2 kok Bung, keren2…
    pembacanya juga banyak…
    dijadikan buku aja, nanti dibantu tem Indie Book Corner, bro…😀

  4. retnadi nur'aini berkata:

    wow! sesama teman seperjuangan!
    kereeeen! cetak berapa mas bukunya?
    saya dan suami juga menerbitkan kumpulan kisah inspiratif berjudul “let’s talk about friendship, love&marriage, ordinary miracles” by halamanmoeka publishing. cetak 3rb eks, dan menggunakan jasa distributor.
    bersemangat!🙂
    long live indie book publishing!🙂

    • Irwan Bajang berkata:

      Sudah dicetak bahakan 4 kali saat ini, tapi dikit2 Boss, hehehe
      print on demand…
      sip deh..
      HIDUP PENULIS DAN PENERBIT INDIE..
      bisa tukaran ide dan gagasan nih
      makasih kunjungannya..😀

  5. Bung Eko berkata:

    Nimbrung, ah…
    Saya seorang yang dari dulu kepingin menjadi penulis, dan alhamdulillah sudah kesampaian meskipun masih belum mencapai apa yang sebenarnya saya idam-idamkan dari dulu: menrbitkan sendiri buku-buku saya. Dan, sepertinya ini tempat yang tepat bagi saya untuk berdiskusi mengenai penerbitan indie.

    So, salam kenal, Bung Irwan.

  6. Ari KPIN berkata:

    Selamat Sob.. dan terus semangat untuk berkarya..
    Jabat erat,
    Ari KPIN

Tinggalkan Balasan

